Van Basten Ingin Aturan Off-Side Dihapus

By Admin


nusakini.com - Direktur teknik FIFA, Marco van Basten menyerukan agar aturan off-side dihapus agar membuat sepakbola lebih 'jujur, dinamis dan menarik' serta untuk meningkatkan level dan kualitas permainan sepakbola.

Sang legenda sepakbola Belanda, yang terpilih sebagai pemain terbaik dunia pada 1992 lalu, saat ini dipercaya oleh FIFA untuk mengembangkan area tenik permainan.

Van Basten mengklaim bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kualitas permainan adalah mengubah aturan yang sudah lama berlaku, sembari menekankan tambahan hukuman untuk bisa meningkatkan efek jera para pemain.

"Kami harus terus mencari cara agar bisa meningkatkan kualitas permainan . Ini bertujuan untuk membuatnya lebih jujur, dinamis, dan menarik, jadi gagasan kami saya kira cukup atraktif . Ada banyak variasi yang dibutuhkan untuk diaplikasikan dalam beberapa tahun ke depan. Penampungan sanksi akan mengetatkan tim. Sulit untuk bermain sepuluh lawan 11, biarkan menjadi delapan atau sembilan." Ujar mantan pemain AC Milan tersebut.

Lebih lanjut, Van Basten juga mengapungkan ide untuk mengganti babak perpanjangan waktu dan adu penalti dengan sistem baru yang diadopsi dari olahraga hoki, yakni membiarkan pemain melakukan giringan dari jarak tertentu dengan menghadapi kiper lawan. (sb/om)